BEST PRACTICE (PRAKTIK BAIK) PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN


 






LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

 

Lokasi

SDN 6 Mataram

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Motivasi belajar Siswa Kelas 4 pada materi menentukan nilai tempat bilangan

Penulis

Muslihuddin,S.Pd

Tanggal

14 September

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Latar belakang masalah :

1.    Terdapat siswa kelas 4 yang masih belum mampu membaca dan menuliskan bilangan sampai puluhan ribu

2.    Dalam pelajaran matematika siswa mudah menyerah dan patah semangat dan selalu bilang “saya tidak bisa”

3.    Guru tidak memberikan konteks yang jelas pada saat pembelajaran. Tidak menggunakan media dan alat bantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak mempunyai pemahaman konsep yang dalam terhadap pelajaran khususnya nilai tempat

4.    Pembelajaran di kelas masih berlangsung secara konvensional yaitu guru sebagai sumber utama pengetahuan (teacher centered), strategi belajar lebih dominan kepada metode ceramah dan penugasan.

 

Mengapa Praktik ini penting untuk dibagikan?

1.    Praktik pembelajaran ini menggunakan pendekatan RME (Realistic Matematic Education) RME adalah pendekatan yang yang menekankan pembelajaran matematika dalam pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem).

2.    Praktik pembelajaran ini akan bisa  menjadi referensi dan inspirasi bagi rekan-rekan guru yang lain dalam mengatasi maupun merancang pembelajaran matematika yang baik ditingkat sekolah dasar

3.    Praktik pembelajaran ini menggunakan model PBL (problem based learning) dimana kegiatan pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru melainkan

 

 

 

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah :

 

 Mampu berperan sebagai guru yang bisa mendesain pembelajaran dengan menggunakan media,  metode dan model pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa sehingga tujuan dan hasil pembelajaran dapat tercapai dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan yang dihadapi dalam mencapai tujuan adalah :

1.    Masih ada siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi kelompok

2.    Lemahnya rasa percaya diri sebagian siswa dalam mempresentasikan hasil pekerjaannya

3.    kemampuan berbicara siswa yang rata-rata masih kurang ketika presentasi

4.    kemampuan pendidik dalam memanejemen waktu pembelajaran

5.    kemampuan pendidik dalam menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan rpp yang sudah dibuat

6.    ketersediaan gadget atau perangkat untuk siswa yang terbatas sehingga penerapan TPACK dalam pembelajaran masih kurang optimal

 

 

yang ikut terlibat dalam kegiatan ini adalah :

1.    Kepala sekolah yang telah memberikan izin dan mempasilitasi kegiatan praktik pembelajaran

2.    Rekan sejawat yang ikut andil membantu dalam proses perekaman/pengambilan video

3.    Peserta didik sebagai objek dalam praktik pembelajaran

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan- tantangan tersebut adalah sebagai berikut :

 

1)     Pemilihan Penggunaan Media Pembelajaran

a.      Dalam hal ini guru menggunakan media benda kongkret sesuai dengan kaidah-kaidah dalam pendekatan RME  dengan memanfaatkan benda di lingkungan sekitar untuk menyelesaikan permasalahan nilai tempat yang tentunya sudah disesuaikan dengan materi

b.     Proses pembuatan media ini dimulai dari pengumpulan bahan-bahan dilingkungan sekitar kemudian merangkai dan mendesain menjadi sebuah alat peraga pembelajaran yang siap pakai.

c.      Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam menggunakan media papan nilai tempat dan aplikasi bebrbasis website (webapps) yaitu quizizz.com

 

2)     Pemilihan Metode Pembelajaran yang variatif

a.      Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristirk siswa dan karakteristik materi Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah Ceramah, Penugasan, demonstrasi, Tanya-Jawab dan Diskusi

b.     Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku Tema guru dan buku tema siswa

c.      Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

3)     Pemilihan Model Pembelajaran

a.      Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi disini guru memilih model pembelajaran PBL.

b.     Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku Tema guru dan buku tema siswa

c.      Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan Model Pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran

 

 

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dari alngkah-langkah yang dilakukan :

 

1.     Penggunaan media animasi sebagai pendukung pertanyaan pemantik pada saat kegiatan mampu menumbuhkan motivasi peserta didik untuk belajar matematika dan melatih kemampuan bernalar peserta didik sebelum masuk kegiatan inti pada pembelajaran. Pada saat kegiatan inti, penggunaan media animasi PPT dan memanfaatkan benda kongkret sangat efektif dalam memberikan pemahaman tentang nilai tempat bilangan. Dimana diperoleh hasil keaktifan be lajar peserta didik meningkat, tidak ada lagi peserta didik yang sibuk sendiri dan main-main dalam kegiatan diskusi kelompok, terlihat dalam kegiatan pembelajaran peserta didik antusias mengikuti kegiatan pembelajaran, mengerjakan soal pada LKPD dengan penuh semangat

2.     Penggunaan pendekatan Realistik Matematic Education membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional yang selama ini sering digunakan. Hal ini terlihat dari indikator keaktifan peserta didik yang meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan pendekatan RME.

3.     Dampak bagi Guru setelah menggunakan model pembelajaran RME dan penggunaan media benda kongkret adalah mampu melatih kemampuan bernalar peserta didik serta dapat menyelesaikan permasalahan dengan mudah dibandingkan menggunakan metode konvensional yang selama ini sering digunakan.

 

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran siswa memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami.

 

Pembelajaran Penting (Lesson Learned) yang didapatkan dalam Proses kegiatan yang sudah dilakukan :

1.     Dari kegiatan ini ternyata saya dapat mendesain pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Realistik dan membuat media berbasis TPACK.

2.     Begitu besarnya dampak dari penggunaan model pembelajaran Realistik serta penggunaan media berbasis TPACK dalam kegiatan pembelajaran, hal itu dibuktikan dengan menggunakan model dan media tersebut aktivitas pembelajaran terasa lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik terhadap materi dan kegiatan pembelajaran yang diberikan. Guru juga menyampaikan materi pembelajaran lebih mudah dibandingkan menggunakan metode konvensional yang selama ini sering digunakan

 

 

0 Response to "BEST PRACTICE (PRAKTIK BAIK) PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN"

Post a Comment