SOAL
LATIHAN PENGETAHUAN
|
|||
KELAS
|
: 5
|
Nama
Siswa
|
:
|
TEMA
|
: 4
|
Nilai
|
:
|
SUBTEMA
|
: 2
|
A.
Soal 1
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1.
Apa yang terjadi jika
salah satu komponen dalam rantai makanan
tidak ada?
2.
Apakah
peran pengurai dalam sebuah rantai makanan? Berikan contohnya!
3.
Apakah
properti-properti tari yang digunakan memperkuat
pesan yang disampaikan
lewat tarian? Sebutkan contohnya!
4.
Sebutkan
contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan ketampakan alam
daerah masing-masing pada masyarakat Indonesia!
5.
Sebutkan
sikap-sikap yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa!
6.
Sebutkan
ciri-ciri ekosistem gurun!
7.
Jelaskan
secara singkat hubungan makhluk hidup dalam ekosistem!
8.
Sebutkan
produsen, pengurai, dan konsumen pada
gambar rantai makanan di bawah ini!
9.
Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis simbiosis!
10.
Jelaskan
dan gambarkan daur hidup salah satu dari hewan berikut.
- Nyamuk
- Kupu-kupu
- Kecoa
B.
Soal II
1.
Sebutkan
bentuk-bentuk keragaman budaya di Indonesia!
2.
Makhluk hidup
yang menempati sebuah ekosistem akan terlibat dalam persaingan untuk bisa
bertahan hidup. Persaingan teerjadi ketika lebih dari dua jenis makhluk hidup
membutuhkan hal yang sama untuk kelangsungan hidupnya. Sebutkan tujuan dari persaingan tersebut !
3.
Sebutkan
manfaat menari bagi kesehatan!
4.
Energi mengalir
dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya di dalam rantai makanan. Jelaskan pengertian rantai makanan !
5.
Simbiosis
bertujuan sebagai usaha makhluk hidup untuk bertahan hidup dilingkungannya. Jelaskan alur simbiosis pada sekelompok lebah !
6.
Mengapa
gotong royong bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?
7.
Apakah tujuan
dari tarian Turuk Langgai?Sebutkan properti tari yang dipergunakan dalam Tari
Turuk Langgai!
8.
Perhatikan
tabel dibawah ini sebutkan properti dan asal daerah tarian tersebut!
No
|
Nama Tarian
|
Properti
|
Asal Daerah
|
1.
|
Turuk langgai
|
manik-manik, bulu unggas dan dedaunan
|
Sumatera Utara
|
2
|
Tari Jaipong
|
||
3
|
Tari Kipas
|
||
4
|
Tari piring
|
||
5
|
Tari Caping Ngancak
|
9.
Apa yang di
maksud dengan tangga nada? Sebutkan dan jelaskan!
10.
Sebutkan
minimal 3 lagu yang di mainkan pada tangga nada minor !
A. Soal 1
1. Jika salah satu komponen dalam rantai makanan tidak ada maka peristiwa memakan dan dimakan tidak dapat berjalan seimbang dan lancar serta akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan.
2. Pengurai adalah salah satu komponen yang berperan besar dalam rantai makanan dan makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.
3. Iya, karena dengan adanya properti akan mempermudah penonton untuk menemukan pesan yang terdapat dalam tarian tersebut. Contohnya yaitu Tari Caping Ngacak. Properti yang digunakan Caping. Dengan melihat caping maka para penonton akan mengerti bahwa tarian tersebut menceritakan tentang aktivitas petani di sawah seperti menanam, merawat, hingga memanen padi.
4. Beberapa contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan ketampakan alam yang di lakukan oleh masyarakat yaitu:
· Masyarakat petani di Bali menggunakan subak untuk membantu ketersediaan air sehingga terjamin usaha pertaniannya.
· Masyarakat petani Brebes memanfaatkan daerahnya sebagai penghasil bawang merah nasional.
· Masyarakat nelayan di Banyuwangi memanfaatkan hasil ikannya untuk diolah menjadi sarden yang dipasarkan di seluruh Indonesia.
5. Sikap-sikap yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa :
· Toleransi
· Tidak membeda-bedakan antara suku satu dan lainnya
· Tolong menolong
· Gotong Royong
· Saling menghormati antar umat beragama
6. Ciri-ciri ekosistem gurun:
· Curah hujan ekosistem gurun sangat kecil (25 cm per tahun) dengan pola sebaran yang tidak teratur, sehingga membuat sebagian daerah gurun tidak pernah menerima hujan sama sekali.
· Perubahan suhu yang sanat ekstrim antara siang dan malam.
· Tanahnya sangat kering dan rendah organik.
· Hewan dan tumbuhan yang dapa tbertahan hidup adalah hewan dan tumbuhan yang bereproduksi dengan epat selama periode lembab.
· Airnya cenderug terasa asin.
7. Makhluk hidup memiliki kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan hewan juga memerlukan manusia. Demikian juga hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah, udara, air, dan matahari untuk mendukung kehidupannya.
8. Produsen, pengurai dan konsumen pada gambar rantai makanan yaitu:
Produsen: Rumput
Pengurai: Jamur
Konsumen 1: belalang
Konsumen 2 : katak
Konsumen 3: ular
Konsumen 4: Elang
9. Jenis-jenis Simbiosis:
· Simbiosi Mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.
· Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup, dalam hal ini makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lainnya tidak dirugikan.
· Siombiosis Parasistisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dalam hal ini makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lain mendapatkan kerugian.
10. Daur hidup nyamuk
Nyamuk betina bertelur di air, kemudian telur menetas menjadi jentik nyamuk. Jentik naymuk lalu menjadi kepompong atau pupa, setelah beberapa hari pupa pecah menjadi nyamuk dewasa
Daur hidup kupu-kupu
Kupu-kupu
bertelur ,telur menetas menjadi ulat atau larva dan memakan daun,
membangun
kempompong, dan kempompong pecah menjadi kupu-kupu.
Daur hidup kecoa Telur menetas menjadi bayi kecoa yang sudah menyerupai kecoa dewasa tetapai tanpa sayap(nimfa). Nimfa berganti menjadi kulut beberapa kal sebelum menjadi kecoa dewasa.
0 Response to "DOWNLOAD SOAL LATIHAN KELAS 5 TEMA 4 SUBTEMA 2 KURIKULUM 2013"
Post a Comment