DOWNLOAD SOAL LATIHAN KELAS 5 TEMA 4 SUBTEMA 2 KURIKULUM 2013













SOAL LATIHAN PENGETAHUAN
KELAS
: 5
Nama Siswa
:
TEMA
: 4

Nilai
:
SUBTEMA
: 2





A.    Soal 1
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1.      Apa yang terjadi jika salah satu komponen dalam rantai makanan tidak ada?
2.      Apakah peran pengurai dalam sebuah rantai makanan? Berikan contohnya!
3.      Apakah properti-properti  tari yang digunakan memperkuat pesan yang disampaikan
lewat tarian? Sebutkan contohnya!
4.      Sebutkan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan ketampakan alam
daerah masing-masing pada masyarakat Indonesia!
5.      Sebutkan sikap-sikap yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa!
6.      Sebutkan ciri-ciri ekosistem gurun!
7.      Jelaskan secara singkat hubungan makhluk hidup dalam ekosistem!
8.      Sebutkan produsen, pengurai, dan konsumen  pada gambar rantai makanan di bawah ini!
9.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis simbiosis!
10.  Jelaskan dan gambarkan daur hidup salah satu dari hewan berikut. 
  • Nyamuk
  • Kupu-kupu
  • Kecoa
 B.     Soal II
1.      Sebutkan bentuk-bentuk keragaman budaya di Indonesia!
2.      Makhluk hidup yang menempati sebuah ekosistem akan terlibat dalam persaingan untuk bisa bertahan hidup. Persaingan teerjadi ketika lebih dari dua jenis makhluk hidup membutuhkan hal yang sama untuk kelangsungan hidupnya. Sebutkan tujuan dari persaingan tersebut !
3.      Sebutkan manfaat menari bagi kesehatan!
4.      Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya di dalam rantai makanan. Jelaskan pengertian rantai makanan !
5.      Simbiosis bertujuan sebagai usaha makhluk hidup untuk bertahan hidup dilingkungannya. Jelaskan alur simbiosis pada sekelompok lebah !
6.      Mengapa gotong royong bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?
7.      Apakah tujuan dari tarian Turuk Langgai?Sebutkan properti tari yang dipergunakan dalam Tari Turuk Langgai!
8.      Perhatikan tabel dibawah ini sebutkan properti dan asal daerah tarian tersebut!
No
Nama Tarian
Properti
Asal Daerah
1.
Turuk langgai
manik-manik, bulu unggas dan dedaunan
Sumatera Utara
2
Tari Jaipong


3
Tari Kipas


4
Tari piring


5
Tari Caping Ngancak


9.      Apa yang di maksud dengan tangga nada? Sebutkan dan jelaskan!
10.  Sebutkan minimal 3 lagu yang di mainkan pada tangga nada minor !


Kunci Jawaban

A. Soal 1

1.      Jika salah satu komponen dalam rantai makanan tidak ada  maka peristiwa memakan dan dimakan tidak dapat berjalan seimbang dan lancar serta akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan.

2.       Pengurai adalah salah satu komponen yang berperan besar dalam rantai makanan dan makhluk  hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.

3.      Iya, karena dengan adanya properti akan mempermudah penonton untuk menemukan pesan  yang terdapat dalam tarian tersebut.  Contohnya yaitu Tari Caping Ngacak. Properti yang digunakan Caping.  Dengan melihat caping maka para penonton akan mengerti bahwa tarian tersebut menceritakan tentang aktivitas petani di sawah seperti menanam, merawat, hingga memanen padi.

4.      Beberapa contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan ketampakan alam yang di lakukan oleh masyarakat yaitu:

·         Masyarakat petani di Bali menggunakan subak untuk membantu ketersediaan air sehingga terjamin usaha pertaniannya.

·         Masyarakat petani Brebes memanfaatkan daerahnya sebagai penghasil bawang merah nasional.

·         Masyarakat nelayan di Banyuwangi memanfaatkan hasil ikannya untuk diolah menjadi sarden yang dipasarkan di seluruh Indonesia.

5.      Sikap-sikap yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa :

·         Toleransi

·         Tidak membeda-bedakan antara suku satu dan lainnya

·         Tolong menolong

·         Gotong Royong

·         Saling menghormati antar umat beragama

6.      Ciri-ciri ekosistem gurun:

·         Curah hujan ekosistem gurun sangat kecil (25 cm per tahun) dengan pola sebaran yang tidak teratur, sehingga membuat sebagian daerah gurun tidak pernah menerima hujan sama sekali.

·         Perubahan suhu yang sanat ekstrim antara siang dan malam.

·         Tanahnya sangat kering dan rendah organik.

·         Hewan dan tumbuhan yang dapa tbertahan hidup adalah hewan dan tumbuhan yang bereproduksi dengan epat selama periode lembab.

·         Airnya cenderug terasa asin.

7.      Makhluk hidup memiliki kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan hewan juga memerlukan manusia. Demikian juga hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah, udara, air, dan matahari untuk mendukung kehidupannya.

8.      Produsen, pengurai dan konsumen pada gambar rantai makanan yaitu:
Produsen: Rumput

Pengurai: Jamur

Konsumen 1: belalang

Konsumen 2 : katak

Konsumen 3: ular

Konsumen 4: Elang

9.       Jenis-jenis Simbiosis:

·         Simbiosi Mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.

·          Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup, dalam hal ini makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lainnya tidak dirugikan.

·         Siombiosis Parasistisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dalam hal ini makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lain mendapatkan kerugian.

10.  Daur hidup nyamuk
Nyamuk betina bertelur di air, kemudian telur menetas menjadi jentik nyamuk. Jentik naymuk lalu menjadi kepompong atau pupa, setelah beberapa hari pupa pecah menjadi nyamuk dewasa



            Daur hidup kupu-kupu
            Kupu-kupu bertelur ,telur menetas menjadi ulat atau larva dan memakan daun,
membangun kempompong, dan kempompong pecah menjadi kupu-kupu.


Daur hidup kecoa Telur menetas menjadi bayi kecoa yang sudah menyerupai kecoa dewasa tetapai tanpa sayap(nimfa). Nimfa berganti menjadi kulut beberapa kal sebelum menjadi kecoa dewasa.

0 Response to "DOWNLOAD SOAL LATIHAN KELAS 5 TEMA 4 SUBTEMA 2 KURIKULUM 2013"

Post a Comment