SOAL MID SEMESTER 1 TEMA 2 KELAS 3 KURIKULUM 2013


Berikan tanda silang (X) pada huruf a, b, c, dan d di depan jawaban yang paling benar!
<![if !supportLists]>1.      <![endif]>Walaupun berbeda kebiasaan dan kesukaan anggota keluarga tetap harus menghargai agar tercipta keluarga yang . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Kaya raya
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Rukun dan kaya
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Rukun dan harmonis
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Besar dan harmonis
Bacalah teks dialog berikut ini!
Udin    : “BU, tadi pagi aku berkunjung ke pabrik ek krim. Sambil melihat-lihat pabrik, kami melihat cara pembuatan dan mencicipi es krim.”
Mutiara: “Kakak tidak dibawakan es krim dari pabrik tempat kamu berkunjung? Itu kan maakanan kesukaan kakak.”
Udin    : “Kalau aku bawa es krim dari pabrik nanti meleleh, kak. Aku tahu kok, kakak suka sekali es krim. Tadi aku membeli es krim di warung dekat rumah pakai uang jajanku. Ini es krimnya, kak!”
Mutiara: “Terima kasih ya, Udin. “Kamu memang adikku yang baaaaaaaiiiiiiiiiik !”
Ibu       : “Jangan lupa berdoa sebelum makan, Mutiara. Dengan begitu kamu mensyukuri makanan yang dianugrahkan oleh Tuhan.”
<![if !supportLists]>2.      <![endif]>Makanan kesukaan mutiara adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Tempe
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Es krim
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Tahu
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Kecap
<![if !supportLists]>3.      <![endif]>Sifat dermawan pada dialog diatas dimiliki oleh . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Ibu
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Mutiara
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Udin
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Mutiara dan Udin
<![if !supportLists]>4.      <![endif]>Sikap kamu terhadap teman yang dimiliki kasukaan yang berbeda adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Memusuhinya
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Memutuskan pertemanan
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Memahami dan menghargainya
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Mencari teman yang lain

<![if !supportLists]>5.      <![endif]>Kebiasaan buruk yang harus kita hindari adalah. . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Datang tepat waktu sekolah
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Menyontek pada waktu ujian
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Membantu ibu didapur
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Mengerjakan PR dirumah
Penguapan bertujuan untuk menguranngi kadar air dalam susu. Susu dengan kadar air rendah dapat disimpan lama dalam keadaan baik”.
<![if !supportLists]>6.      <![endif]>Pertanyaan yang tepat untuk wacanaa di atas adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Bagaimana cara mengolah susu sapi ?
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Apakah tujuan dari penguapan susu sapi ?
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Dimanakah susu sapi itu disimpan ?
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Berapakah harga susu sapi ?
<![if !supportLists]>7.      <![endif]>Salah satu contoh hasil teknologi pangan adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Cabe
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Tahu
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Ikan segar
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Manga
<![if !supportLists]>8.      <![endif]>Bagian-bagian surat dibawah ini yang tepat adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Alamat surat, penulis surat
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Pembukaan surat, inti surat, penutup surat
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Kotak surat, isi surat
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Penulis surat, pembaca surat
<![if !supportLists]>9.      <![endif]>Berikut kata-kata yang termasuk dalam teknologi pangan kecuali . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Produksi
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Konsumen
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Polisi
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Tempe
<![if !supportLists]>10.  <![endif]>Gambar dibawah ini menunjukkan profesi sebagai . . .
<![if !vml]>
<![endif]> 









<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Polisi
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Koki
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Tentara
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Petani







<![if !supportLists]>11.  <![endif]>Daerah yang di warnai pada gambar diatas menunjukkan pecahan
<![if !supportLists]>a.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>b.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>c.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>d.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>12.  <![endif]>Gambar yang sesuai untuk pecahan 2/4 adalah kecuali . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]><![if !vml]>
<![endif]> 


<![if !supportLists]>b.      <![endif]><![if !vml]><![endif]><![if !vml]><![endif]>     

<![if !supportLists]>c.       <![endif]><![if !vml]>
<![endif]> 

<![if !supportLists]>d.      <![endif]> 

<![if !supportLists]>13.  <![endif]>Nilai pecahan yang diwarnai <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, yaitu . . .
<![if !vml]>
<![endif]> 


<![if !supportLists]>a.       <![endif]>8 bagian dari 3 bagian yang sama
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>3 bagian dari 8 bagian yang sama
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>3 bagian dari 3 bagian yang sama
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>8 bagian dari 8 bagian yang sama
<![if !supportLists]>14.  <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> urutkan pecahan biasa disamping dari yang paling besar ke yang paling kecil adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>b.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>c.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>d.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>15.  <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> urutkan pecahan biasa disamping dari yang paling kecil ke yang paling besar adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>b.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>c.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>d.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>16.  <![endif]>Rantai emas adalah lambing sila ke . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>1
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>2
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>3
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>4
<![if !supportLists]>17.  <![endif]>Menjenguk teman yang sakit adalah contoh sikap . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Baik
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Buruk
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Jelek
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Tercela
<![if !supportLists]>18.  <![endif]>Menghormati perbedaan kebiasaan anggota keluarga dirumah adalah contoh pengalaman sila ke . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>5
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>4
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>3
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>2
<![if !supportLists]>19.  <![endif]>Dibawah ini yang termasuk sikap baik adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Rajin, adil, pendusta
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Pendusta, rajin, malas
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Rajin, adil, disiplin
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Disiplin, adil, malas
<![if !supportLists]>20.  <![endif]>Ali mempunyai kebiasaan makan coklat sebelum tidur. Ibu meminta Ali untuk menyimbangkan kebiasaannya dengan menggosok gigi sebelum tidur. Ibu tidak melarang kebiasaan Ali sesuai dengan sila ke . . . pancasila
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>2
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>3
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>4
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>5
<![if !supportLists]>21.  <![endif]>Taucho adalah hasil olahan pangan yang berasal dari . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Kacang tanah
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Kacang kedelai
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Kacang hijau
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Kacang panjang

<![if !supportLists]>22.  <![endif]>Mataram, 17 september 2017. Bagian surat disamping menuntukkan bagian . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Tempat, tanggal surat dibuat
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Tempat, tanggal surat dibaca
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Tempat, tanggal surat dikirim
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Tempat, tanggal surat diterima
<![if !supportLists]>23.  <![endif]>Orang yang menggunakan barang (bahan maakanan, pakaian, dsb) disebut . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Produsen
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Produksi
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Distribusi
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Konsumen
<![if !supportLists]>24.  <![endif]>Penulisan kalimat yang benar dibawah ini adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Lani Suka Makan Tempe.
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Lani suka makan tempe.
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>lani suka makan tempe.
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Lani suka makan tempe
<![if !supportLists]>25.  <![endif]>Lani     : “ . . . . yang membuat tempe, Dayu?”
Dayu   : Paman parto yang membuat tempe, Lani.”
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi peetanyaan diatas adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>Apa
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>Kapan
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>Siapa
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>Mengapa
<![if !supportLists]>26.  <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> artinya adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]>3 bagian dari 4 bagian yang sama
<![if !supportLists]>b.      <![endif]>4 bagian dari 3 bagian yang sama
<![if !supportLists]>c.       <![endif]>3 bagian dari 7 bagian yang sama
<![if !supportLists]>d.      <![endif]>4 bagian dari 7 bagian yang sama
<![if !supportLists]>27.  <![endif]>Bu leni membuat kue terbentuk lingkaran. Kue tersebut dibagi menjadi 8 bagian. Sisa kue ada <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> bagian. Adik memakan <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> bagian.
Urutkan pecahan tersebut dari yang paling kecil adalah
<![if !supportLists]>a.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>b.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>c.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>d.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>28.  <![endif]>Ibu membuat kue lapis legit. Ibu membagi menjadi 15 potong. Adik memakan <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> bagian. Ibu memakan <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> bagian. Asti membawa <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> bagian ke sekolah. Sisa kue dimeja <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> bagian.
Urutkan pecahan tersebut dari yang paling besar adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]> , <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>b.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>c.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>d.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>29.  <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>. Nilai terkecil dari pecahan di atas adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>b.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>c.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>d.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>30.  <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>, <![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>. Nilai terbesar dari pecahan di atas adalah . . .
<![if !supportLists]>a.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>b.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>c.       <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>
<![if !supportLists]>d.      <![endif]><![if !msEquation]><![if !vml]><![endif]><![endif]>














0 Response to "SOAL MID SEMESTER 1 TEMA 2 KELAS 3 KURIKULUM 2013"

Post a Comment